Inspirational journeys

Follow the stories of academics and their research expeditions

Cara Menggunakan Ubersuggest Bagi Pemula

AMD Academy

Wed, 03 Jul 2024

Cara Menggunakan Ubersuggest Bagi Pemula

Keyword pada SEO menjadi hal yang sangat penting sebagai penentu keberhasilan strategi konten dan SEO Anda. Tentunya pemilihan keyword yang tepat akan cenderung menghasilkan traffic yang banyak dan berkualitas, namun mungkin bagi para pemula riset keyword menjadi hal yang sangat sulit dilakukan. Untungnya sebagai pemula Anda tidak khawatir dalam melakukan riset keyword konten Anda, sebab Ubersuggest hadir untuk membantu Anda melakukan riset keyword secara maksimal.

Ubersuggest merupakan tool riset keyword yang saat ini banyak digunakan oleh para praktisi digital marketer. Tentunya sebagai pemula Anda juga tidak perlu khawatir saat ingin menggunakan Ubersuggest, sebab tool tersebut sangat mudah untuk digunakan.

Lalu bagaimana cara menggunakan Ubersuggest secara tepat dan maksimal dalam riset keyword? Nah simak pembahasan lengkap pada artikel ini, agar Anda dapat fasih dalam menggunakan Ubersuggest sebagai tool yang useful.

Yuk, mari simak pembahasannya!

Apa itu Ubersuggest?

Ubersuggest adalah tool online gratis yang berfungsi dalam membantu Anda untuk menghasilkan berbagai ide keyword yang potensial dan relevan. Hal tersebut bertujuan guna menunjang kesuksesan dan jangkauan content marketing yang Anda terapkan.

Fitur gratis pastinya memiliki batasan, Anda hanya dapat menggunakan fitur Ubersuggest maksimal 3 kali setiap harinya. Namun tenang, ketika Anda ingin memanfaatkan fitur-fitur Ubersuggest secara lengkap Anda dapat membeli tiga paket yang tersedia yaitu:

  • Individual ($12/bulan)
  • Business ($20/bulan)
  • Enterprise / Agency ($40/bulan)

Lantas, fitur-fitur yang tersedia apa saja?

Fitur Utama Ubersuggest

Berikut beberapa fitur-fitur utama yang ditawarkan oleh Ubersuggest :

1. Keyword Research

Fitur ini memungkinkan Anda untuk dapat melakukan berbagai riset tentang keyword yang hendak digunakan. Tool pada keyword research juga termasuk lengkap, mulai dari keyword overviewkeyword ideas, keyword visualizationkeyword by trafficsimilar website, dan content ideas.

2. Traffic Estimation

Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai hal terkait analisis website kompetitor, dengan demikian Anda dapat memanfaatkan kesuksesan kompetitor untuk diterapkan pada konten-konten Anda. Tool pada traffic estimation menyajikan informasi tentang traffic overview dan top page by traffic suatu website yang dituju.

3. Backlink

Fitur ini dapat membantu Anda dalam proses link building, sebab Anda dapat menganalisis backlink yang digunakan suatu website yang diajukan acuan. Informasi yang bisa Anda dapatkan yaitu Backlink Overview dan Backlink Opportunity website yang dijadikan referensi.

Setelah Anda mengetahui fitur-fitur yang tersedia, langsung saja kita masuk ke pembahasan utama tentang cara menggunakan Ubersuggest .

Cara Menggunakan Ubersuggest dalam Melakukan Riset Keyword

Berikut langkah lengkap tentang cara menggunakan Ubersuggest :

1. Keyword Research

Cara Menggunakan Ubersuggest

Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai riset keyword potensial yang akan digunakan, pada contoh saya gunakan keyword “Sertifikasi Digital Marketing”. Ubersuggest juga memungkinkan Anda untuk tetap melakukan riset tanpa memiliki akun terlebih dahulu, namun hanya terbatas untuk tiga kali pencarian saja.

Pada kolom keyword overview Anda dapat memasukkan berbagai keyword yang Anda tuju dan melakukan riset tentang keyword tersebut, tampilan data yang termasuk friendly membuat orang awam memahami data yang disajikan. Selanjutnya Anda juga dapat melihat berbagai keyword dan content ideas tentang keyword yang Anda riset, caranya cukup scroll ke bawah.

Cara Menggunakan Ubersuggest

Nah pada sub menu keyword research terdapat keyword by traffic, fitur ini menurut saya sangatlah krusial untuk digunakan dalam keberhasilan SEO suatu website. Pasalnya fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat dan menganalisis berbagai keyword yang telah digunakan pada website kompetitor, dengan demikian Anda dapat mendaur ulang keyword tersebut agar dapat mendulang kesuksesan seperti kompetitor.

2. Traffic Estimation

Pembahasan kita selanjutnya yaitu pada menu traffic estimation, ada dua hal yang dapat Anda gunakan guna melakukan riset keyword atau website. Pada gambar saya contohkan website Arkatama nah banyak data yang dapat Anda manfaatkan, seperti keyword organic yang digunakan, organic monthly trafficdomain authority, hingga backlink website.

Ketika Anda menjadikan Arkatama sebagai kompetitor, Anda bisa melihat apa saja yang dibuat pada website Arkatama, page apa yang paling sering mendapatkan kunjungan, dan asal situs Arkatama mendapatkan backlink.

3. Backlinks

Masih pada website Arkatama, fitur backlink pada Ubersuggest memungkinkan Anda untuk melihat berbagai backlink yang digunakan pada website tersebut. Selanjutnya Anda bisa mulai menganalisis kesempatan-kesempatan backlink yang digunakan pada website Arkatama untuk meningkatkan performa website Anda.

Hal penting yang perlu diingat tentang backlink, buatlah seorganik mungkin dan hindari backlink yang memiliki spam score yang tinggi. Sebab backlink bisa menjadi boomerang peningkat performa website bahkan menjadi penurun performa website.

Sekian pembahasan tentang cara menggunakan Ubersuggest dalam melakukan riset keyword dan websiteWebsite menjadi hal yang penting dalam dunia digital marketing, sebab website bisa menjadi salah satu saluran yang dapat digunakan bisnis untuk hadir secara online. Tertarik mempelajari hal lain tentang digital marketing? Yuk ikuti pelatihan dan sertifikasi digital marketing AMD Academy yang telah berstandar BNSP guna menunjang karir Anda.

Have A Nice Day ????

0 Comments

Leave a comment