Inspirational journeys

Follow the stories of academics and their research expeditions

UX Designer Sangat Dibutuhkan Pada Masa Kini

AMD Academy

Sat, 29 Jun 2024

UX Designer Sangat Dibutuhkan Pada Masa Kini

UX Designer – Digitalisasi dimulai sejak tahun 2010 dan sentrisitas pengguna telah menjadi pusat perhatian sejak saat itu. Menurut artikel Forbes, pengalaman pengguna adalah keseluruhan pengalaman seseorang menggunakan produk seperti situs web, khususnya seberapa mudah atau menyenangkan produk itu digunakan. Hal ini mendorong sebuah peluang kerja yang baik yakni UX Designer.

UX Designer
 bertanggung jawab atas bagaimana tampilan antarmuka digital, baik itu navigasi situs web, pemesanan produk secara online, atau produk digital itu sendiri. UX Designer memanfaatkan pemahaman mereka tentang kebutuhan emosional dan fungsional pengguna untuk menciptakan pengalaman menyenangkan yang diinginkan pengguna untuk kembali lagi dan lagi. Diperlukan untuk membantu membangun situs web dekstop tradisional, situs seluler responsif, dan aplikasi asli. UX Designer menciptakan pengalaman yang memuaskan dan menarik bagi pengguna suatu produk. 

Umumnya, UX Designer harus memiliki keterampilan kreatif, teknis, dan pemecahan masalah yang kuat. Fokusan UX Designer yakni mencakup konten, kontrol, desain dan pengembangan visual, arsitektur informasi, riset pengguna, 
branding, dan dukungan teknis. Untuk itu di era digital seperti sekarang, penting rasanya memiliki UX Designer atau Anda bisa belajar skill UX Designer lalu menghasilkan cuan. Menarik bukan?

Salah satu bisnis untuk memperbarui situs web, aplikasi seluler, dan lainnya untuk berinteraksi dengan pelanggan dengan cara baru. Apa yang dilakukan seorang UX Designer? Mengapa di era digital 
UX Designer sangat diperlukan? Mari simak penjelasannya pada artikel berikut ini!

Berikut Penjelasan Mengapa 
UX Designer Sangat Dibutuhkan pada Saat Ini:

1. Meningkatkan reputasi merek 

Ada banyak pepatah tentang kesan pertama. Hampir semua kesan pertama berhubungan dengan desain. Sementara UI (User Interface) menetapkan kesan pertama itu adalah UX (User Experience) yang menentukan apakah Anda dapat mempertahankan kesan pertama? 


Jika pengunjung kembali lagi, berarti Anda telah berhasil menangkap dan mengakomodasi kebutuhan dan meniru perilaku mereka. Dengan begitu, pengguna akan menghabiskan lebih banyak waktu menggunakan aplikasi Anda karena mereka senang dan fokus pada pekerjaan yang harus mereka lakukan.

Langkah-langkah sederhana untuk membuat Anda menonjol dari para pesaing sambil menambah efisiensi dan membangun reputasi positif untuk merek bagi pengguna yang ada dan calon pengguna yakni mulailah dengan logo yang bagus dan menarik secara visual, tentukan perjalanan pelanggan kemudian buat navigasi intuitif dan dengan itu pastikan pengalaman pengguna bebas kesalahan.
Struktur situs dan desain interaksi sangat penting untuk pengalaman pengguna yang sempurna dan pastikan untuk menghilangkan permasalahan kegunaan. Sederhananya, UX penting karena mencoba memenuhi kebutuhan pengguna. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman positif yang membuat pengguna tetap setia pada produk dan merek. Selain itu, pengalaman pengguna yang bermakna memungkinkan untuk menentukan perjalanan pelanggan di situs web Anda yang paling kondusif untuk kesuksesan bisnis.


2. Lebih efisien dan menyelesaikan tugas lebih cepat


UX Designer 
yang hebat memfasilitasi aliran pengguna melalui produk perangkat lunak Anda. Pengguna secara intuitif menavigasi dari satu bagian ke bagian lain tanpa membuang waktu untuk mencari tahu cara menyelesaikan tugas atau kembali ke dasbor utama.

UX Designer 
yang berpengalaman harus mengembangkan pengalaman meniru yang baik, misalnya bagaimana perasaan seseorang saat menavigasi melalui semua halaman, dan menghilangkan langkah-langkah yang tidak perlu dalam prosesnya. Indikator standar untuk pengalaman pengguna yang baik dan kepuasan pelanggan adalah perjalanan pengguna yang positif.

3. Meningkatkan loyalitas pelanggan 
Pengalaman pengguna adalah yang pertama dan tentang perasaan pengguna. Jika pengguna merasa produk tersebut bermanfaat, menyenangkan, mudah digunakan, dan memiliki pengalaman positif, mereka akan terus kembali lagi. Ini terkait dengan kualitas pengalaman mereka. Meskipun tidak selalu dapat diukur, ini adalah faktor kunci dalam evaluasi pengalaman pengguna di dunia nyata.

4. Mendorong konversi dan 
ROI (Return on Investment)
Penggabungan antara desain visual, menghadirkan fungsionalitas yang kaya, dan kemudahan penggunaan pada saat yang bersamaan dengan interaksi pelanggan yang terjadi dalam langkah sedikit mungkin. Pada akhirnya akan menghasilkan audiens yang suka menggunakan produk Anda. Jika menentukan pengalaman pengguna yang berhasil membuat pengguna senang, mereka akan bertahan lebih lama dengan produk dan akan menyelesaikan tugas konversi.

5. 
UX Designer dapat secara signifikan mengurangi biaya
Menghabiskan waktu untuk menemukan yang profesional dari sekarang sama dengan berinvestasi dalam pengujian kegunaan produk akhir untuk pengurangan biaya nanti. Dengan didasarkan pada penelitian, analisis, dan pengujian sehingga Anda segera mengutamakan pengguna akhir saat mengembangkan produk atau layanan dan sebelum melakukan penyesuaian lain yang diperlukan.

Perusahaan yang menggunakan pendekatan pengujian pengguna dalam proses desain UX akan mencegah kemungkinan masalah, dengan perkiraan yang akurat ini jauh akan lebih murah daripada memperbaikinya nanti dengan desain ulang produk. Bagaimanapun 
UX Designer yang baik membantu mendapatkan produk akhir yang berfungsi jauh lebih baik daripada yang lain dan pastinya Anda juga menghemat uang.

Proses Desain UX itu Penting
Anda harus meyakini proses desain UX itu penting karena meminimalkan resiko, membuat penilaian tambahan terhadap produk, situs web, atau aplikasi. Selain itu, ini dapat membantu mengurangi biaya dalam jangka panjang. Proses akan tergantung pada jenis produk yang dirancang. Proses desain UX dapat dimulai dengan lima fase utama yakni definisi produk, riset, analisis, rancangan, dan validasi.

Desain UX memiliki fokus utama pada pengguna yakni menciptakan dan memberikan nilai, serta memuaskan keinginan dan kebutuhan. Tetapi manfaatnya jauh melampaui pengguna karena desain UX menjadi semakin berperan dalam memberikan nilai bagi bisnis.

Skill 
Terpenting UX Designer
Keterampilan UX yang terbaik disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pengalaman yang disesuaikan adalah tren desain UX yang muncul dan merupakan elemen penting dari desain produk yang berpusat pada pengguna. Umumnya seorang UX Designer melakukan penelitian, mendesain, menulis salinan UX, memvalidasi dan menguji serta menyajikan dan menjual solusi desain kepada perusahaan. UX Designer mengambil suara pengguna dan mengadvokasi kebutuhan pengguna ketika perusahaan menyeimbangkan tujuan bisnis mereka.

Dengan demikian, memanfaatkan desain UX untuk meningkatkan konversi pelanggan dan loyalitas pengguna, mendapatkan keunggulan kompetitif dan meningkatkan pengalaman pengguna, di AMD Academy menyediakan pelatihan sekaligus pelayanan ahli UX dalam tim UX profesional. Untuk informasi dan pertanyaan lebih lanjut bisa dengan mengunjungi website 
amdacademy dan instagram @amdacademy.

0 Comments

Leave a comment