Inspirational journeys

Follow the stories of academics and their research expeditions

GT Metrix: Tools Gratis Untuk Audit Kecepatan Website

AMD Academy

Wed, 03 Jul 2024

GT Metrix: Tools Gratis Untuk Audit Kecepatan Website

Bagi bisnis yang menggunakan website sebagai platform transaksi dan promosi, pasti sudah paham betapa krusialnya kecepatan website. Aberdeen Group, dalam studinya menyatakan bahwa keterlambatan 1 detik waktu loading halaman menyebabkan turunnya page views hingga 11%, kepuasan pelanggan menurun 16%, dan penurunan konversi sebesar 7%. Oleh karena itu, tak heran jika banyak bermunculan website ataupun software yang menyediakan layanan pemeriksaan kecepatan website.

Namun, walaupun begitu banyak opsi yang tersedia, masih banyak pertanyaan tentang apa yang bisa mereka lakukan, berapa harganya, bagaimana penggunaannya, dan banyak pertanyaan lainnya. Kali ini, AMD Academy akan mengulas tentang GTMetrix, tools  gratis untuk memeriksa kecepatan website. Penasaran dengan tools ini dan bagaimana cara menggunakannya? Yuk simak ulasannya pada artikel di bawah ini!

Apa Itu GT Metrix

GTMetrix merupakan sebuah website adalah yang menganalisis kecepatan website. Jika Anda mengecek kecepatan website anda, maka alat ini akan memberikan skor atau grade, laporan kondisi saat ini dan saran-saran yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecepatan website. Skor dan rekomendasi ini merupakan hasil penggabungan dari Google PageSpeed Insights dan YSlow. Dengan begitu, Anda tidak perlu melakukan pengujian dengan tools-tools  lain karena hasilnya mencakup spektrum luas dan dipaparkan secara komprehensif. GTMetrix merupakan tools gratis, tetapi jika Anda menggunakan fitur-fitur yang lebih  advance, seperti filter laporan unlimited dan grafik penggunaan sumber daya, Anda dapat berlangganan GTmetrix Pro, yang dimulai dari $10.67 atau sekitar 160 ribu perbulannya.

Cara Membuat Akun GT Metrix

Walaupun, GT Metrix tetap dapat digunakan walaupun tidak memiliki akun, akan tetapi ada beberapa fitur yang tidak dapat anda akses jika Anda tidak memiliki akun. Untuk itu, kami menyarankan Anda untuk membuat akun terlebih dahulu. Berikut merupakan langkah-langkah mendaftar di GT Metrix:

  1. Buka halaman https://gtmetrix.com di browser PC atau HP Anda
    Buka website GTMetrix
  2. Klik tombol Log In di samping kanan atas halaman lalu klik Buat Akun Baru
    Klik log in di samping kanan atas website
  3. Masukkan nama, email, kata sandi, centang bagian Setuju Syarat dan ketentuan GT Metrix, lalu klik Buat Akun
  4. Setelah sukses, Anda akan diarahkan ke Halaman Utama Akun GT Metrix
    Halaman Utama GTMetrix

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Uji Kecepatan Website dengan GT Metrix

Sebelum Anda melakukan tes di GT Metrix ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasil tes akurat dan relevan. Sebab, hasil yang akurat dan relevan akan membantu Anda mengambil keputusan yang tepat tentang hal-hal yang dapat meningkatkan kecepatan website anda. Agar hasilnya akurat dan relevan, Anda harus memperhatikan faktor-faktor berikut:

  1. Jumlah tes
    Anda tidak bisa hanya melakukan sekali pengecekan di GT Metrix sebab hasilnya dapat berubah berdasarkan jumlah lalu lintas. Anda harus melakukan beberapa tes di waktu yang berbeda oba ulangi tes pada waktu yang berbeda.
  2. Lokasi tes
    Jika bisnis Anda hanya menjangkau audiens lokal, Anda dapat mengatur lokasi tes yang paling dekat dengan audiens Anda. Sedangkan, jika Anda menargetkan audiens global, Anda dapat mengecek dengan beberapa wilayah di seluruh dunia.
  3. Subjek tes
    Agar analisis yang dihasilkan lebih baik, sebaiknya anda mengecek beberapa postingan dan halaman juga, sebab hal ini akan membantu menemukan hal yang perlu dioptimasi.

Selain itu, anda juga perlu ingat bahwa tujuan utama mengoptimasi dan menguji website adalah untuk meningkatkan kinerja seluruh situs. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan setiap saran dalam laporan untuk memutuskan mana yang akan memiliki dampak positif terbesar.

Analisis Kecepatan Web Menggunakan GTMetrix

Mengecek kecepatan website di GT Metrix sangatlah mudah. Anda hanya perlu memasukkan link website atau halaman yang ingin anda periksa ke dalam tab dan mengklik tombol analyze. Setelah itu, ringkasan visualisasi kecepatan, GT metrix Grade, dan Web Vitals akan langsung muncul. Pada bagian ini, kami akan menjelaskan tentang cara membaca dan menganalisa hasil skor kinerja website yang ditampilkan GT metrix.

1. GT Metrix Grade

Ketika Anda mengklik tombol Analisis, anda akan disajikan dua jenis skor, yaitu GT metrix Grade dan Web Vitals. GTM etrix Grade merupakan hasil perhitungan dua metrik yaitu Performance dan Structure.

  • Performance
    Skor GTmetrix Performance didapat dari hasil audit website menggunakan Lighthouse. Pada bagian ini berisi informasi tentang berbagai metrik yang berbasis kinerja pada website, seperti waktu muat, waktu interaktif, dan pergeseran tata letak elemen. GTmetrix juga memberikan informasi tentang performa website pada berbagai jenis browser.
  • Structure
    Skor GTmetrix Structure didapat dari penilaian kinerja keseluruhan website. Pada bagian ini, GT metrix memberitahu hasil audit keseluruhan website dan dampak dari setiap item tersebut terhadap kinerja website. Hasil audit ini bersifat teknis, tetapi anda tidak perlu khawatir jika masih belum mengerti. Sebab GTmetrix menyediakan tombol “learn how to improve this” yang mengarahkan ke halaman yang menjelaskan secara lebih detail tentang dampak masalah pada performa, cara kerja masalah tersebut, dan cara menghindarinya.

2. Web Vitals

Web Vitals merupakan standar kinerja web dan metrik user experience Google yang diluncurkan pada tahun 2020 yang terdiri dari banyak metrik, tetapi yang digunakan oleh GTmetrix adalah Largest Contentful Paint (LCP), Total Blocking Time (TBT), dan Cumulative Layout Shift (CLS).

  • Largest Contentful Paint (LCP)
    LCP mengukur waktu yang dibutuhkan untuk memuat bagian terbesar dari halaman website. Untuk beberapa situs, LCP dapat berupa hero image ataupun body text.
  • Total Blocking Time (TBT)
    TBT mengukur waktu yang dibutuhkan browser untuk membuka halaman website dan membuatnya interaktif bagi pengguna. Render-blocking CSS dan JS dapat berpengaruh pada TBT.
  • Cumulative Layout Shift (CLS)
    Mengukur sejauh mana elemen pada halaman website berubah secara visual saat website dimuat. Misalnya, tata letak halaman yang berisi tweet yang disematkan dapat bergeser saat halaman dimuat.

Baca juga: Web Accelerator, Server yang Bantu Loading Website Lebih Cepat!

Kenapa Grade GTMetrix Website Berubah-ubah?

Jika Anda melakukan tes kecepatan website Anda menggunakan alat GTmetrix beberapa kali, mungkin saja terjadi perubahan nilai GTmetrix Grade. Hal ini bisa terjadi karena adanya caching, baik itu DNS caching maupun server caching. Caching adalah teknik penyimpanan sementara data untuk mempercepat waktu muat website. Ketika GTmetrix melakukan tes kecepatan website, ia juga memuat data dari server. Jika data telah disimpan di cache, maka halaman website dapat dimuat lebih cepat pada tes berikutnya, sehingga hasil tes dapat berbeda dan nilai GTmetrix Grade dapat meningkat.

 

GTmetrix merupakan alat yang dapat membantu Anda dalam menganalisis performa website dan menemukan masalah yang mungkin mempengaruhi kinerja website Anda. Dengan memanfaatkan alat ini, Anda dapat menemukan kekurangan dalam website Anda dan mengetahui langkah apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan user experience. Namun, perlu diingat bahwa meningkatkan kecepatan website juga memerlukan strategi pemasaran digital. Untuk itu, jika anda tertarik mempelajari strategi pemasaran digital yang tepat, anda dapat mengikuti pelatihan digital marketing di AMD Academy, Penyelenggara Sertifikasi Digital Marketing BNSP. Yuk ikuti pelatihannya di sini atau kunjungi Instagram Official AMD Academy di @amd.academy

0 Comments

Leave a comment