Inspirational journeys

Follow the stories of academics and their research expeditions

Posting Artikel Bisnis Otomatis via WordPress

AMD Academy

Wed, 03 Jul 2024

Posting Artikel Bisnis Otomatis via WordPress

Penggunaan artikel sering disebut sebagai langkah optimasi organik yang tepat untuk meningkatkan performa website. Dalam Google Search Console Report, performa website paling banyak mengalami kenaikan akibat adanya lonjakan CTR (Click Thought Rate). CTR (Click Thought Rate) terdiri atas jangkauan dan klik, yang didapat dari kunjungan audience kedalam website (traffic). Hal ini semakin mendorong pelaku usaha memperbanyak jumlah artikel mereka melalui posting consistenly. Namun disebabkan banyaknya kesibukan dan distraksi, kerap kali pelaku usaha telat bahkan lupa menerbitkan postingan. Apalagi jika hal ini terjadi pada artikel yang mengangkat topik terkini atau trending topic, efektivitas konten akan menurun. Tidak jarang seorang content creator mendapat predikat “kehilangan moment” hanya karena terlambat dalam melakukan postingan, padahal konten yang dibangun cukup bernilai. Dalam bisnis hal seperti ini sebisa mungkin perlu dihindari, apalagi jika berkaitan dengan performa website yang berpengaruh besar pada perankingan Google.

WordPress merupakan salah satu sistem manajemen konten, yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat dalam pengembangan website usaha mereka. WordPress mendorong pelaku usaha untuk membuat blog dengan cepat dan terorganisir. Oleh karenanya, pelaku usaha dapat melakukan posting artikel kedalam blog sesuai kategori yang diinginkan. Selain itu, WordPress juga mendukung Plugin yang dapat mengoptimalkan serta menganalisa hasil artikel, apakah sudah sesuai dengan teknik penulisan SEO (Search Engine Optimization) atau belum. Artikel yang SEO Friendly akan lebih mudah dibaca oleh Google, dan disebarkan ke audience yang lebih banyak. Fitur WordPress juga mendukung content creator untuk tepat waktu dalam melakukan penerbitan. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dan usaha tidak perlu khawatir lagi konten artikel terlambat tersampaikan kepada audience. 

Berikut langkah yang dapat Anda lakukan untuk melakukan auto post artikel pada WordPress.

  • Posting terjadwal melalui fitur dashboard

Fitur dashboard WordPress selain dapat digunakan untuk keperluan membuat postingan, juga dapat digunakan untuk keperluan penerbitan postingan secara otomatis. Dimana Anda dapat masuk ke dalam menu posts, menambahkan postingan, dan menuju ke tab sebelah kanan pada lembar kerja artikel.

Posting Artikel Bisnis Otomatis via WordPress

Baca juga: Cara Optimasi SEO Artikel Website WordPress

Pada menu tersebut dapat dilihat adanya fitur  “Publish immediately” , Anda dapat melakukan klik “edit”. 

Posting Artikel Bisnis Otomatis via WordPress

Gambar diatas merupakan tampilan yang akan terjadi ketika Anda melakukan klik pada edit, secara otomatis detail tanggal dan waktu tayang dapat disetting sesuai dengan kebutuhan jadwal post artikel. Selanjutnya Anda dapat mengklik “publish” dan menunggu penerbitan Artikel sesuai schedule WordPress.

  • Posting artikel otomatis dengan bantuan Plugin WordPress

        Tak hanya Facebook-Instagram dengan teknologi Meta Business Suitenya saja yang dapat melakukan penjadwalan otomatis. Namun WordPress juga menawarkan Plugin posting otomatis yang dapat membantu para content creator disiplin menerbitkan konten. Plugin WordPress yang dapat Anda gunakan antara lain Advanced Scheduled Post dan Scheduled Post Calendar.

Baca juga: 7+ Langkah Mudah Mendapatkan Index Google pada Website

Advanced Scheduled Post dapat Anda pasang di dalam WordPress Anda dengan melakukan instalasi Plugin terlebih dahulu. Klik Instal pada Plugin Advanced Scheduled Post seperti pada gambar dibawah ini

Posting Artikel Bisnis Otomatis via WordPress

Setelah Plugin diinstal, langkah selanjutnya Anda bisa melakukan klik “activate” agar Plugin Advanced Scheduled Post dapat dijalankan secara otomatis. 

Hasil dari pengaktifan Plugin Advanced Scheduled Post, Anda dapat melakukan kegiatan posting konten dengan lebih lengkap. Tampilan Advanced Scheduled Post dapat berbentuk seperti pada gambar dibawah ini

Posting Artikel Bisnis Otomatis via WordPress

Plugin kedua yang membantu Anda dan bisnis untuk melakukan otomatis publish adalah dengan menggunakan Schedule Posts Calendar. Schedule Posts Calendar membantu Anda dan bisnis dapat melihat tampilan tanggal secara lebih lengkap, sehingga mempermudah pemilihan waktu schedule dengan lebih baik. 

Langkah yang dapat Anda capai agar dapat memasang Schedule Posts Calendar yakni dengan masuk ke dalam menu Plugin. Di dalam menu Plugin, Anda dapat melakukan search Schedule Posts Calendar, kemudian melakukan instal Plugin. Setelah Anda melakukan instal Plugin, maka langkah selanjutnya yang dapat ditempuh yakni dengan mengaktifkan Plugin. Klik tombol activate, agar Plugin Schedule Posts Calendar dapat muncul pada fitur publishing dasboard Anda. Jika Anda sudah melakukan pengaktifan pada Plugin, maka tampilan Plugin yang dapat Anda gunakan dapat dilihat seperti pada gambar dibawah ini. 

Posting Artikel Bisnis Otomatis via WordPress

Penggunaan fitur posting otomatis dapat membantu Anda dan bisnis untuk merapikan jadwal posting. WordPress membantu Anda untuk mengedarkan konten secara lebih konsisten, hingga performa website dapat meningkat. Disiplin dalam upload konten membuat website Anda terdeteksi sebagai website aktif, dan lebih menarik dibandingkan yang lain. Tips ini dapat Anda lakukan untuk memposting konten, walau diluar jam kerja atau ketika keadaan offline. AMD Academy, IT Training Center Kota Malang, dapat membantu Anda untuk mendistribusikan konten otomatis secara lebih expert, melalui Pelatihan Digital Marketing dan Sertifikasi BNSP. Informasi lebih lanjut hubungi kami melalui admin melalui klik disini! Posting tanpa batas, otomatisasikan bisnismu sekarang! 

0 Comments

Leave a comment